Pemerintah Kota Pasuruan Gelar Kegiatan Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Tahun Anggaran 2024

Selasa, 27 Februari 2024 – Pemerintah Kota Pasuruan melaksanakan kegiatan pembinaan akuntansi dan pelaporan sebagai bagian dari upaya peningkatan efektivitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Kegiatan ini diadakan dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Pasuruan Tahun Anggaran 2023 yang efektif, akuntabel dan tepat waktu serta menyongsong tahun anggaran 2024, dengan fokus utama pada penyempurnaan sistem akuntansi, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan.

Bertempat di Ijen Suites Resort & Convention Malang, Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Sekretaris Daerah Kota Pasuruan,  Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Bendahara/Operator Penyusun Laporan Keuangan OPD di Kota Pasuruan.

Dalam sambutannya, Ibu Wiwit Kuniasri, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Pasuruan, menegaskan pentingnya keterbukaan dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah. “Kegiatan ini menjadi momen penting bagi kita dalam melakukan Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Pasuruan Tahun Anggaran 2023 guna meningkatkan efisiensi, efektivitas, akuntabel dan tepat waktu” kata Sekretaris BPKA.

Selama tiga hari ke depan, peserta kegiatan akan mengikuti serangkaian sesi pembinaan dan diskusi yang dipandu oleh Narasumber. Materi yang akan disampaikan mencakup aspek-aspek penting dalam akuntansi pemerintahan, pelaporan keuangan, serta teknik audit yang efektif.

Selain itu, para peserta juga akan dipandu dan didampingi dalam melaksanakan penyusunan dokumen Catatan Akhir Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2023 .

“Melalui kegiatan ini, kami berharap para bendahara/operator penyusun dokumen Catatan Akhir Laporan Keuangan OPD dapat mengumpulkan dokumen laporan keuangan paling lambat hari jum’at tanggal 1 Maret  karena tanggal 5 Maret sudah diserahkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)  ,” ungkap Bapak Sandy Mahendra Jaya, Kepala Bidang Perbendaharaan dan Akuntansi .

Kegiatan pembinaan akuntansi dan pelaporan tahun anggaran ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Kota Pasuruan dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan publik, serta mengoptimalkan penggunaan dana publik demi kesejahteraan masyarakat.

About bpka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *